Definisi Pemasaran
(Marketing Definition)
Inti definisi pemasaran atau marketing adalah
MEMUASKAN KEBUTUHAN & KEINGINAN (manusia) melalui proses pertukaran. Artinya Marketing bisa dianggap sebagai sebuah
level tertinggi dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia yang paling
hakiki.
Pemasaran adalah sebuah proses dalam
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam
hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian
dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia
yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia
membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka
kebutuhan dahaganya akan terpenuhi.
Namun manusia tidak hanya ingin
memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya
segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih
Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan
keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan
keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan
produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan
mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran
disebut pemasar.
Pemasar ini sebaiknya memiliki
pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat
tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen
yang dituju.Jadi, marketing adalah sebuah proses seni yang berusaha untuk
membuat orang puas (konsumen puas). Jadi tujuan utama bukanlah penjualan itu
sendiri (sales oriented) akan tetapi lebih kepada pemenuhan KEBUTUHAN manusia
yang paling mendasar. Dengan memahami ini saja, orang-orang yang apatis atau
sinis dengan Marketing akan memahami bahwa tujuan marketing sangatlah mulia.
A. Pengertian dan konsep inti Pemasaran
Pasar adalah hasil dan
kegiatan atau proses yang dinamakan pemasaran. Jadi dengan kata lain pemasaran
adalah kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar. Dalam arti sempit
pemasaran sering diartikan sebagai kegiatan menyalurkan atau mendistribusikan
barang/jasa kepada konsumen. Pengertian pemasaran dalam arti luas salah satunya
adalah seperti apa yang dikemukakan oleh Philip Kotler sebagai berikut:
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok
mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, penawarkan
produk yang bernilai satu sama lain.
Manejemen Pemasaran berasal dan dua kata yaitu
manajemen dan pemasaran. Pengertian manajemen pemasaran tersebut merupakan
pengertian gabungan dan dua pengertian kata tersebut.
lstilah manajemen secara
sederhana sering diartikan sebagai pengelolaan, pengaturan, pembinaan,
penataaan, dan istilah-istilah lainnya. Pengertian manajemen secara luas
(definisi) sangat banyak sekali, tetapi dan definisi-definisi yang ada tersebut
secara garis besar memiliki unsur-unsur yang hampir sama. Manajemen secara
secara umum diartikan sebagai suatu proses yang di dalamnya secara garis besar
tercakup fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan,
dan pengevaluasiaan. Atau secara sederhana fungsi-fungsi tersebut dikatagorikan
ke dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
Salah satu pengertian
manajemen pemasaran adalah seperti yang dikemukakan oleh Philip Kotler yang
mengutip definisi yang digunakan oleh Persatuan Pemasaran Amerika sebagai
berikut: Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dan
perwujudan, pemberian harga, promosi, dan distribusi dan barang-barang, jasa,
dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi
tujuan pelanggan dan organisasi.
Definisi lain yang senada
dikemukakan juga oleh Kotler dan Gary Amstrong yaitu sebagai berikut: Manajemen
Pemasaran adalah analisisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk
mencapai sasaran organisasi. Manajemen pemasaran diperlukan dalam proses
pertukaran, karena proses tersebut memerlukan banyak tenaga dan keterampilan.
Bagaimana mengelola atau mengatur kegiatan, keterampilan, tenaga, dan
sumberdaya, dan aspek-aspek lainnya yang diperlukan akan sangat menentukan
berhasil atau tidaknya organisasi mencapai sasaran dan tujuan pemasaran.
bayu96ekonomos.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar